Kuliner Enak Khas Medan Paling Populer

Kuliner Enak Khas Medan Paling Populer

Terdapat berbagai hal yang dapat dicoba oleh wisatawan saat berada di kota Medan salah satunya mencoba bermacam kuliner enak khas Medan.

Tidak hanya buat mengkunjungi bermacam tipe keragaman budaya serta sisi historis sebagian tempat wisatanya, menikmati kekayaan kuliner kota Medan pula tidak boleh absen dari catatan aktivitas.

Kuliner Enak Khas Medan Sangat Terkenal Banyak Diminati

Kuliner di kota Medan memang tidak kalah dengan berbagai jenis yang mampu untuk membuat seluruh orang pada kota yang memiliki julukan sebagai Kota Melayu Deli.

Apabila anda merupakan salah satu wisatawan yang pada saat ini lagi sedang berada atau berlibur di ibu kota provinsi Sumatera Utara. Hingga kamu dapat buat berkelana buat berkelana di Kota Medan serta berkunjung ke bermacam warung makan sampai pasar tradisional biar dapat memahami bermacam tipe kuliner lezat Medan.

Baca Juga: Resep Masakan Menu Keseharian

Berikut merupakan bermacam tipe kuliner enak khas Medan yang sangat terkenal dengan citarasa santapan lezat yang telah sangat populer.

Lemang

Lemang akan sangat mudah untuk di temukan di kota Tebing Besar, Sumatera Utara meskipun keberadaannya lebih dominan di Tebing Besar, lemang juga masih bisa kalian dapati di kota Medan.

Hal tersebut membuat lemang ialah santapan khas Medan yang memakai bahan utama pangan berbentuk beras ketan. Tidak hanya itu lemang dimasak ataupun dimatangkan di dalam seruas bambu yang tadinya digulung dengan selembar daun pisang.

Metode memasak yang unik pada santapan ini membuat lemang senantiasa diburu oleh para wisatawan.

Lemang setelah itu terbakar sampai matang di atas tungku panjang. Dikala telah matang, lemang dapat langsung dimakan dalam kondisi hangat.

Rujak Kolam Medan

Buat kalian pecinta rujak yang tinggal di Jakarta, bisa jadi kalian sempat tiba ke gerai rujak bernama Warung Kolam yang terletak di pusat perbelanjaan Mangga 2 awal mulanya di lantai dasar ITC Mangga 2.

Rujak yang di buat dan disajikan oleh banyak warung tersebut merupakan rujak yang menggunakan resep berasal dari Medan. Jadi jika kalian penasaran dengan rujak kolam medan, kalian dapat mencobanya dikala kembali ke Jakarta. Rujak kolam medan sendiri sama semacam rujak pada biasanya.

Kelainannya, rasa dari rujak kolam medan populer pedas serta menyegarkan. Buah- buahan yang dipakai pula bermacam- macam, terdapat jeruk Bali, ubi, belimbing, nanas, pepaya mengkal, jambu air, jambu biji, bengkuang, mentimun, mangga muda, serta kedondong.

Mie Gomak

Mie Gomak

Mie Gomak istilah nama lain dari spaghetti ala orang medan. Santapan ini berasal dari daerah yang lumayan populer ialah balige danau toba. Mie gomak ini pula jadi sajian santapan khas yang harus kalian cicipi.

Buat rasanya terbilang lumayan istimewa sebab mempunyai bumbu- bumbu yang nikmat. Mie gomak ini bisa kalian temukan di dekat pasar balige, kabupaten toba samosir, sumatra utara. Harga 1 porsinya sendiri lumayan murah ialah cuma 5000.

Mie Balap Medan

Santapan khas Medan yang satu ini memanglah menyandang nama yang unik dalam mie balap. Bagi beberapa warga Medan, kulineran berbentuk mie sehingga diberikan nama mie balap karena awalnya terletak kecepatan penjual dalam membuat masakan tersebut. Selain itu dalam proses menyajikan mie untuk setiap pelanggannya sangatlah cepat.

Sejak itu, mie kilat saji ini diberi nama mie balap. Salah satu mie balap yang populer serta jadi kesukaan di Medan merupakan Mie Balap Wahidin yang dapat mengalami di Jalur Wahidin, Simpang Jalur Gajah, Medan.

Mie balap biasa dibeli warga Medan sebagai menu sarapan apabila di rumah tidak memilliki makan pagi maupun ketika sedang terburu- buru untuk berangkat ke kantor.

Penjual mie balap yang ramai cuma buka dekat 3 jam, apalagi kurang. Mie balap sendiri ialah mie yang dipadukan dengan menggunakan bumbu serta cara memasak yang untuk dan mampu untuk membuat memiliki citarasa cocok di lidah, tidak sangat berminyak dan juga tidak sangat kering ketika di makan. Kuah yang berpadu dengan mie membuat citara nikmat apabila diberi sambal.

Bihun Bebek

Bihun merupakan bahan pangan yang bisa untuk dikreasikan untuk menjadi berbagai jenis makanan enak sesuai dengan selera. Di Medan, kalian dapat mencicip salah satu kuliner yang menggunakan bahan utama dari bihun dan kemudian di kombinasi dengan daging bebek yang di jadikan sebagai sup.

Kuliner bihun bebek yang menjadi khas dari Medan ini menyajikan bihun yang dibuat dari kombinasi tepung beras dan tepung kanji sehingga akan memberikan tekstur kenyal dan sangat mirip seperti tanghun.

Setelah itu bihun dihidangkan bersama menu aksesoris serta guyuran kuah fresh. Kuah bihun berbentuk kaldu bebek yang tidak memiliki banyak minyak serta lemak. Rasa dari kuah kaldunya sendiri jernih, ringan, serta apalagi memunculkan aroma yang menggugah selera.

Penyajian bihun kemudian di tambah dengan irisan daging bebek dan di lengkapi juga oleh taburan kucai sehingga tidak memiliki aroma amis dari penggunaan daging tersebut. Setelah itu terdapat pula yang senantiasa muncul ke dalam satu mangkok bihun bebek, ialah sambal yang rasanya pedas bercampur asam.

Soto Udang

Soto Udang

Soto merupakan santapan yang dapat ditemui di banyak wilayah, bukan cuma Medan. Hendak namun, di Medan, terdapat satu sajian berbentuk soto yang khas bernama soto udang.

Dari namanya, kalian tentu telah ketahui gimana wujud serta tampilan dari santapan khas Medan ini. Soto udang sendiri bagi pengakuan masyarakat timbul secara tidak terencana.

Kabarnya, kala itu penjual soto yang umumnya memakai daging sapi memilah daging ayam serta udang supaya dapat jadi alternatif penganut agama Hindu serta Budha yang dilarang memakan daging sapi.

Sejatinya soto udang pula sama dengan soto ayam pada biasanya. Kuah yang dipakai pula dicampur dengan santai. Bisa jadi yang membedakan soto udang dengan sajian soto yang lain merupakan keberadaan daging ayam yang turut meramaikan.

Bukan hanya itu, bila soto ayam umumnya memakai ayam rebus, pada soto udang ayamnya terbakar sehabis direbus. Paduan cita rasa gurih dari ayam serta udang yang bercampur dengan sedapnya kuah kaldu membuat mulut tidak mau menyudahi mengunyahnya.

Sayur Gurih Tauco

Warga Medan pula terbiasa memanggil sayur gurih tauco selaku sayur gurih. Sayur gurih Medan merupakan hidangan berkuah santan yang lagi.

Memiliki citarasa gurih dari santan dan memiliki rasa nikmat karena memiliki tambahan dengan menggunakan bumbu tauco. Tidak hanya memiliki rasa nikmat, penggunaan tauco sehingga memiliki aroma dari sayur gurih dan terdapat rasa khas dan mampu untuk membangkitkan selera makan banyak orang.

Sayur gurih umumnya akan di sajikan sebagai salah satu menu pasangan tepat pada saat hari raya lebaran. Ada pula isian dari sayur gurih dapat berbentuk udang serta daging sapi.

Buat bumbunya yang diseleksi antara lain bawang merah, bawang putih, cabai giling, cabai merah, cabai hijau, lengkuas, jahe, serta serai yang diolah sedemikian rupa sampai berpadu ke dalam kuah santan.

Kari

Tidak wajib buat berangkat jauh- jauh sampai ke Thailand cuma buat mencicip santapan khasnya berbentuk kari. Di Indonesia, atau lebih tepatnya di Medan, kalian juga bisa mencoba kari kental dengan memiliki citarasa nikmat dan tidak akan kalah dari kari khas Thailand.

Di Medan terdapat lumayan banyak restoran yang menyajikan kari selaku menu andalannya. Kari yang dihidangkan juga sangatlah beragam, mulai dari kari ayam, kari sapi. Hingga terdapat jenis kari bihun dengan menggunakan berbagai lauk lainnya mulai dari kerupuk, emping, sate, serta masih banyak lagi.

Salah satu tempat makan kari di Medan merupakan Rumah Makan Tabona yang terletak di Jln. Mangkubumi, Medan. Kari yang disajikan oleh R. Meter. Tabona ialah peninggalan turun temurun.

Kari yang dihidangkan memiliki bumbu yang menyerap sampai ke dalam daging serta kuahnya pula tidak sangat berminyak serta kental.