Jenis Kuliner Pempek Palembang

Jenis Kuliner Pempek Palembang

Pempek ialah Jenis Kuliner Palembang yang paling populer dan berawal dari provinsi Sumatera Selatan yang banyak di sukai oleh banyak orang.

Tetapi yakin atau tidak, masihlah ada orang Indonesia yang tidak paham dengan makanan ciri khas Palembang yang ini.

Lokasi Recomended Di Palembang dan Jakarta, Jenis Kuliner Pempek Palembang

Apa lagi bila ditanyakan hal beberapa jenis pempek. Ini aku simpulkan pengalaman dari aku jualan pempek online. Bermacam pertanyaan seperti “Pempek itu makanan apa yah?” atau “Yang gambarnya bundar seperti bakso itu namanya apa yah?

Baca Juga: Kulineran Unik Betawi Yang Nikmat

Ditambah lagi, pempek sendiri banyak beberapa jenisnya dan telah berkembang dan bereksperimen kemanapun. Karena ada bermacam jenis macam dan macamnya, jadi tidak bingung bila makin beberapa orang yang tidak paham atau bahkan juga tak pernah dengar beberapa dari tipe pempek dan turunannya.

Tipe Adonan Pempek Yang Dipakai

Ada beberapa jenis adonan yang dipakai dan tidak seluruhnya adonan sama. Singkat kata, aku akan merangkum adonan jadi adonan lenjer, adonan adaan, dan adonan kulit. Pempek yang diulas di bawah ini sejumlah besar akan memakai adonan-adonan ini dan beberapa adonan akan dipakai untuk beberapa macam pempek.

Siapakah yang tidak mengenali makanan yang ini, walau berawal dari Palembang tetapi menyebar ke bermacam daerah di Indonesia.

Bila dengar Palembang tentu terus tebersit Pempek, makanan yang dibikin dari ikan tenggiri dan tepung kanji, diperlengkapi dengan cuka yang pedas dan fresh.

Dan rupanya Pempek itu banyak macamnya loh, berikut pembahasan komplet berkenaan Pempek.

Asal Muasal Nama Jenis Kuliner Pempek Palembang

Saat sebelum kita bergerak mengenali beberapa macam hidangan pempek, kamu baca dahulu bagaimana asal mula pemberian nama pempek ini tercipta.

Pada jaman dulu pempek namanya Kelesan yang disebut panganan tradisi di periode Kesultanan Palembang. Dinamakan Kelesan karena tahan untuk tersimpan lama.

Selanjutnya pada jaman pemerintah Belanda Kelesan mulai dijualbelikan, karena saat itu dunia perdagangan terkuasai orang Cina, beberapa konsumen senang panggilnya dengan kalimat “Pek Apek”. Pek Apek sebagai panggilan untuk pria tua yang bernegara Cina.

Ada pula sumber yang menjelaskan jika orang yang manjual pempek disebutkan Empek, hingga mereka yang akan beli panggil dengan kalimat ” Pek Empek, singgah sini”.

Hingga sampai detik ini makanan yang ini dinamai Pempek, yang disebut makanan ciri khas dari Palembang.

Tipe dan Jenis Kuliner Pempek Khas Palembang

Sekarang ini banyak tipe dari Pempek Palembang, kesempatan ini aku akan mengulas 9 tipe pempek yang tersering dicari pengunjung.

  1. Pempek Panggang

Pempek Panggang disebutkan bernama Pempek Tunu. Disebutkan Pempek Panggang karena adonannya dipanggang di atas arang, setelah masak dibelah tengahnya selanjutnya berisi ebi, kecap, dan sambel cabai rawit yang telah dilumatkan.

  1. Pempek Keriting

Pempek Keriting mempunyai banyak nama yaitu Pempek Krupuk atau disebutkan Pempek Kelesan. Memiliki bentuk seperti sebuah krupuk, proses pembikinannya dengan memakai sebuah cetakan yang umum disebutkan Pirik’an.

  1. Pempek Kulit

Pempek Kulit dibuat dari kulit ikan tenggiri, berupa gepeng dan rasanya crispy sekali. Tetapi tidak seluruhnya warung pempek sediakan tipe pempek yang ini.

  1. Pempek Lenggang

Pempek Lenggang dibikin dengan memadankan adonan pempek dengan telur dadar, selanjutnya ditempatkan di dalam sebuah mangkok yang dibuat dari daun pisang selanjutnya dipanggang di atas baranya api. Tetapi sekarang ini ada pula yang dimasak agar ringkas dan memiliki bentuk seperti telur dadar.

  1. Pempek Adaan

Pempek Adaan berupa bundar karena itu kerap disebutkan bernama Pempek Bundar. Konon Pempek Adaan sebagai kreativitas dari tersisa Pempek Lenjer yang masih belum diproses, selanjutnya dibuat bundar seperti baso lalu dimasak.

  1. Pempek Pistel Kates

Pempek yang ini berisi parutan pepaya yang sudah ditumis bertepatan dengan ebi. Selanjutnya ditempatkan di dalam adonan pempek dan ujungnya dibuat seperti pistel.

  1. Pempek Dos

Pempek Dos berlainan dengan pempek yang lain karena benar-benar tidak memakai ikan. Bahan dasarnya hanya tepung kanji, teksturnya lebih kenyal ada yang ngomong serupa dengan Cireng Bandung.

  1. Pempek Kapal Selam

Variasi pempek yang ini terpopuler antara yang lain, namanya adalah Pempek Kapal Selam. Memiliki bentuk yang besar berisi telur rebus atau telur kocok, oleh karenanya kerap disebutkan Pempek Telok Besak.

Lebih nikmat bila dihidangkan memakai cuka pempek yang beri kesegaran lalu ditambahkan beberapa lembar mie kuning dan kementimun.

  1. Pempek Lenjer

Disebutkan Pempek Lenjer karena memiliki bentuk yang lonjong dan memanjang. Saat sebelum dihidangkan umumnya dipotongi jadi bagian-bagian, selanjutnya dimasak dan dikonsumsi bertepatan dengan cuka pempek yang unik.

Sekarang ini sudah ada banyak variasi Pempek yang dibalut kekinian, seperti pempek sosis dan pempek keju. Jadi hidangan pempek terus akan warna seiring waktu berjalan.

Referensi Tempat kulineran Pempek Di Palembang

Salah satunya lokasi yang harus kamu datangi adalah Sentra Daerah Pempek Palembang yang berada di Jl. Mujahidin 26 Ilir, Palembang. Langkah ke arah posisi itu yaitu dari Jembatan Ampera kamu turun kebawah, selanjutnya belok ke kiri terus lempeng mengikut lajur yang ada.

Sesudah lampu merah di samping kanan kamu akan menyaksikan gapura yang tertulis Sentra Daerah Pempek Palembang.

Di sini banyak kios-kios yang menawarkan bermacam tipe pempek pada harga yang dapat dijangkau. Mulai bekerja jam 10 pagi sampai jam 10 malam. Kios-kios yang ada pula terima pesanan untuk dikirimkan ke bermacam daerah di Indonesia.

Referensi Tempat Makan Pempek Di Jakarta

Sehubungan sekarang ini masih pada kondisi wabah Covid-19, hingga cara kita terbatas. Tetapi hal itu tidak akan batasi kamu untuk nikmati Pempek Palembang, karena di Jakarta terutamanya banyak kios yang jual makanan yang ini.

Berikut sejumlah tempat di Jakarta yang menyuguhkan Pempek Palembang yang nikmat sekali:

  1. Pempek Eirin 10 Ulu

Posisinya ada di Jl. Pintu Kecil No. 3, Glodok, Jakarta Barat. Membuka start pukul 10.00 sampai jam 18.00 sore. Tempat makan yang ini sudah berdiri semenjak tahun 70an dengan menu unggulannya adalah Pempek Kapal Selam.

Walau banyak sekali variasi pempek yang dijajakan di sini, dan yang jelas rasanya nikmat sekali. Harga yang dijajakan juga tidak membuat kantong bobol.

  1. Pempek Pak Jenggot

Pempek Pak Jenggot tidak buka cabang dimana saja, cuman berada di Jl. Raya Ragunan No. 17, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Mulai bekerja jam 08.00 sampai jam 18.30 malam.

Kecuali bermacam tipe pempek yang dihidangkan, di Pak Jenggot ada bermacam jenis camilan atau krupuk ciri khas Palembang.

  1. Pempek Pak Raden

Di Palembang ada Pempek Pak Raden yang paling populer, di Jakarta ada juga loh Pempek Pak Raden. Posisinya menyebar di sejumlah tempat, ada yang di Meruya, Pasar Minggu, dan ada pula di Cibubur.

Demikian selayang pandang berkenaan Pempek Palembang, salah satunya makanan legendaris Indonesia yang sudah menyebar di mana saja.