Abou Us

Rahasia Rasa Asli Indonesia adalah negara kepulauan. Dari Sumatera, Jawa, Bali, dan gugusan Nusa Tenggara di barat; ke Kalimantan (Kalimantan Selatan) pulau Sulawesi dan Maluku, ditambah Papua di timur – persimpangan kepulauan khatulistiwa antara Timur Dunia dan Australia. Meskipun negara Muslim terpadat di dunia, Indonesia adalah republik demokratis dan bukan monarki teokratis seperti katakanlah, Arab Saudi.

Warisan perdagangan ribuan tahun dari pulau-pulau kaya sumber daya telah membawa banyak orang untuk menetap dan tinggal di sini, memperkaya budaya asli yang beragam sejak zaman kuno. Saat ini, lebih dari 300 kelompok etnis menyebut Indonesia sebagai rumah, dan bersama mereka muncul budaya makanan yang dinamis, menyatu, diadaptasi dan berevolusi dari banyak tradisi.

Setiap daerah di Indonesia memiliki cita rasa tersendiri. Masakan Sumatera memiliki sentuhan cita rasa Timur Tengah dan India, dengan kari Gulai yang khas. Masakan Jawa sangat asli, dengan sedikit masakan Cina.

Rahasia Rasa Asli Indonesia

Di pulau-pulau timur, makanannya mirip dengan masakan Polinesia dan Melanesia. Dari sekian banyak, masakan Sumatera mungkin yang paling umum dan tersebar luas di Asia Tenggara, mempengaruhi selera lokal, terutama di Malaysia dan Singapura.

Jadi, ketika berbicara tentang cita rasa Indonesia, ‘kompleks’ adalah pernyataan yang meremehkan; menggabungkan gurih panas dan pedas dengan keseimbangan yang kaya manis, asin, asam dan pahit. Dimasak dengan baik dalam tumisan, sup, panggangan, panggang, serta kelezatan rebus dan kukus.

Nasi goreng nasi goreng, salad saus kacang gado-gado, sate daging panggang yang ditusuk, kari daging rendang yang mewah, dan sup ayam soto yang menenangkan dianggap sebagai hidangan nasional; sedangkan tempe favorit vegan adalah penemuan orang Jawa. Ini hanyalah contoh kecil dari apa yang ditawarkan makanan Indonesia.

Dan Anda juga bisa memasak dan menikmatinya dalam kenyamanan rumah Anda. Yang Anda butuhkan hanyalah bahan-bahan berikut, dan Anda dapat dengan mudah menemukannya di toko kelontong Asia setempat.

pandan

Daun panjang yang harum dari tanaman tropis yang telah dibudidayakan di Asia Tenggara sejak zaman kuno. Daun pandan memancarkan aroma seperti vanila dengan sentuhan berumput ringan. Sering diikat menjadi simpul dan ditambahkan ke minuman manis dan makanan penutup.

Bahan utama dalam banyak resep masakan Indonesia yang lezat, seperti ketan Wedang Ronde, puding beras hitam Bali Bubur Injin, dan banyak lagi. Anda juga dapat menggunakannya sebagai penyedap kue dengan menghancurkan daunnya menjadi pasta.

Asam jawa

Assam atau Asam Jawa adalah buah seperti polong yang memberikan nada asam yang unik dalam makanan Indonesia. Tersedia dalam bentuk polong kering, dihaluskan dan dipadatkan menjadi balok-balok berwarna kopi, dan bentuk bubur atau pasta yang paling nyaman, meskipun kurang beraroma.

Anda harus mengupas dan menggiling asam jawa kering untuk digunakan. Untuk asam jawa yang ‘basah’: pecahkan sepotong kecil, rendam dalam air panas, lalu saring untuk mengambil ampasnya dan haluskan. Tamarind membuat hidangan laut dan ayam Indonesia yang luar biasa; serta bahan utama dalam Serundeng, bumbu dapur tradisional yang gurih.

Tempe

Kue kedelai fermentasi dengan rasa kacang yang berbeda. Dalam beberapa tahun terakhir, Tempe telah menjadi hampir sepopuler tahu di kalangan vegan sebagai pengganti daging dan sumber protein. Di Indonesia, paling sering dinikmati sebagai gorengan lezat yang dibumbui dengan bawang putih dan cabai; atau jika Anda suka berpetualang, cobalah Tempe di salad spesial Asia Modern ini.

Pasta udang

Udang yang ditumbuk halus difermentasi dengan garam menjadi pasta. Tersedia dalam bentuk blok coklat chunky, atau botol. Masakan Indonesia yang wajib dimiliki yang menghadirkan rasa gurih ekstra pada masakan tumis; serta bahan dasar Sambal – saus sambal kental dan gurih yang menegaskan kepedasan Indonesia dalam berbagai hidangan otentik.

Sambal juga tersedia dalam bentuk siap pakai, tetapi membuatnya sendiri jauh lebih enak – campur terasi dengan bawang merah iris halus, cabai rawit, bawang putih, dan lengkuas; kemudian tambahkan sedikit air jeruk nipis, dan giling menjadi pasta. Jika Anda berencana untuk menikmati Sambal sebagai bumbu biasa, gunakan blender untuk membuatnya lebih banyak; simpan dalam wadah kedap udara dan simpan di lemari es.

jeruk nipis

Manis yang harum dan asam ini sangat penting dalam masakan Indonesia. Jus jeruk nipis, daun dan kulitnya digunakan dalam kue Bika Ambon klasik, sebagai bumbu untuk daging dan makanan laut yang lezat, salad Gado-gado, dan soto spesial pemenang penghargaan ini.

Kecap manis

Kecap Manis Kecap Manis adalah bumbu masakan Indonesia yang serba guna, karena rasanya yang ekstra gurih yang memadukan rasa asin dengan manisnya gula aren. Ini jauh lebih kental daripada kecap biasa dan wajib dimiliki dalam nasi goreng Indonesia, ditambah berbagai macam hidangan yang luar biasa.

Gula aren

Getah bunga pohon kelapa, direbus menjadi gula karamel; kemudian didinginkan menjadi kue dan gundukan berwarna cokelat keemasan. Tegas tapi mudah dipotong. Ini memberikan rasa kompleks yang kaya yang kurang manis dibandingkan gula lainnya, dengan rasa butterscotch berasap. Digunakan dalam bumbu masakan Indonesia, abon sapi, dan makanan penutup yang lezat.

Bawang goreng

Bawang merah goreng adalah hiasan khas Indonesia, ditaburkan di tumis, sup, dan hampir semua jenis hidangan makanan. Anda bahkan tidak perlu menggorengnya sendiri. Bawang merah goreng yang diawetkan tersedia dalam kemasan dan wadah dari toko kelontong Asia Anda.

lengkuas

Lengkuas adalah jeruk dan pedas dengan catatan herbal. Jangan keliru dengan jahe, meskipun cara memasaknya serupa – cukup kupas kulitnya dan potong dadu, iris, atau julienne untuk menambah resep Anda. Dalam masakan Indonesia, lengkuas paling sering digunakan dengan bahan lain karena rasanya yang pedas untuk mengimbangi rasa lainnya.

jahe aromatik

Dikenal sebagai ‘Kencur’, rimpang berwarna coklat kemerahan ini unik untuk masakan Indonesia. Digunakan hemat untuk rasa seperti kapur barus dalam rebusan kelapa sayuran Sayur Lodeh (untuk menggantikan lengkuas), dan kari bebek Bali yang terkenal Bebek Betutu. Kencur juga tersedia sebagai bumbu bubuk.

Kluwak

Juga dieja ‘Keluak’, biji pohon Kepayang seperti kacang dari rawa bakau ini mungkin yang paling tidak dikenal dari bahan-bahan Indonesia. Diproses dengan cara direbus, kemudian dikubur dalam tanah selama 40 hari untuk memfermentasi dan menetralisir racun alaminya.

Saat diremukkan, dagingnya digambarkan berasa seperti dark chocolate, zaitun, dan jamur. Beberapa bahkan menyebutnya truffle hitam Asia. Kluwak paling sering digunakan dalam rebusan daging sapi Jawa Rawon.